Atasi Nyeri Menstruasi dengan Obat Nyeri Otot Ini

Wajar bagi seorang wanita untuk merasakan pegal-pegal ketika menstruasi. Sering kali, pegal tersebut berubah menjadi nyeri otot yang tidak tertahankan. Kalau kamu sedang nyeri menstruasi, maka kamu perlu membaca artikel tentang obat nyeri otot ini.

Nyeri Otot Saat Menstruasi

Nyeri otot saat menstruasi biasanya tidak hanya terjadi di satu titik. Kamu bisa merasa nyeri di perut, punggung, pinggang, paha, bahu, dan leher.

Waktu terjadinya nyeri otot pun bisa berbeda-beda pada setiap perempuan. Ada perempuan yang merasa nyeri otot di hari pertama menstruasi. Namun, ada pula yang sudah merasakannya sebelum menstruasi.

Rasa sakit yang dialami remaja ketika menstruasi umumnya lebih parah daripada perempuan dewasa. Sebab semakin dewasa, apalagi setelah memiliki anak, nyeri menstruasi semakin jauh berkurang.

Penyebab Nyeri Otot Saat Menstruasi

Ketika kamu menstruasi, otot dinding rahim mengencang lebih kuat dari biasanya. Konstraksi yang dilakukan dinding rahim kemudian menekan pembuluh darah yang melapisi rahim. Hal itu mengakibatkan suplai darah dan oksigen ke rahim yang harusnya lancar jadi terpotong sementara. Kalau tidak ada oksigen, jaringan di rahim akan melepaskan bahan kimia yang bisa menyebabkan rasa sakit.

Selama menstruasi, bahan kimia lain yang bisa memicu rasa sakit juga diproduksi. Namanya prostaglandin. Hormon prostaglandin akan mendorong otot rahim untuk berkonstraksi lebih kencang. Semakin kencang konstraksi yang terjadi, semakin sakit nyeri yang kamu alami. Bahkan untuk beberapa wanita, hormon prostaglandin juga bisa menyebabkan rasa mual.

Obat Nyeri Otot Saat Menstruasi

Ada beberapa pilihan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat nyeri otot dan sendi.

Obat nyeri otot yang dapat kamu gunakan bisa berupa obat pereda nyeri, misalnya ibuprofen. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat nyeri otot di apotik berupa salep pereda nyeri otot dan sendi. Salep yang mengandung analgesik itu bisa kamu oleskan ke tempat yang terasa nyeri.

Selain minum obat dan mengoleskan salep anti nyeri, kamu juga bisa menggunakan heating pad. Heating pad adalah bantalan hangat yang bisa meredakan nyeri otot. Heating pad saat ini tersedia di minimarket dan supermarket, tetapi jika kamu tidak punya, kamu bisa menggunakan botol berisi air panas untuk meredakan nyeri.

Cara mengatasi nyeri otot tidak berhenti sampai di situ saja. Ini cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri otot:

  1. Tidak melakukan aktivitas berlebihan

Supaya nyeri otot yang kamu alami tidak bertambah parah, sebaiknya kamu tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. Tunggu sampai nyeri otot benar-benar hilang sebelum kamu melakukan aktivitas berat.

  1. Istirahat

Bagian tubuh mana yang terasa sakit? Jika otot pahamu terasa nyeri ketika menstruasi, beristirahatlah. Sebaiknya kamu tidak banyak berjalan.

Jika otot punggungmu yang terasa nyeri, sebaiknya kamu tidak berdiri atau duduk terlalu lama. Kalau pekerjaanmu mengharuskan kamu berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, jangan lupa istirahat di sela-sela waktu kerja.

  1. Rileksasi

Rileksasi seperti yoga dan meditasi juga bisa jadi pilihan yang bagus untuk meredakan nyeri otot. Yoga dan meditasi akan melepaskan ketegangan tubuhmu sehingga rasa sakit akan berkurang.Itulah dia berbagai obat nyeri otot yang bisa kamu pilih ketika menstruasi. Mulai saat ini, kamu tidak akan perlu bingung lagi ketika merasakan nyeri otot saat haid. Sebab, kamu sudah tahu obatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.