5 Tips Memilih Pembalut yang Aman dan Nyaman

5 Tips Memilih Pembalut yang Aman dan Nyaman

Bagi sebagian wanita, memilih produk pembalut yang aman dan nyaman dapat menjadi suatu PR tersendiri ketika dihadapkan oleh berbagai pilihan merek yang ada di rak toko ataupun supermarket.

Terlalu banyaknya pilihan produk tersebut mungkin membuat kamu kebingungan dan tidak tahu harus memilih produk yang mana. Namun, kini kamu tidak perlu khawatir. Berikut kami sajikan beberapa tips mendasar yang dapat kamu terapkan ketika akan memilih merek pembalut yang aman.

1. Daya Serap yang Baik

Salah satu hal yang dapat kamu pertimbangkan ketika akan memilih produk pembalut adalah pilihlah pembalut yang menawarkan kelebihan daya serap yang baik. Produk yang baik akan segera menyerap darah dan menguncinya di inti tengah dengan sangat baik. Penyerapan yang baik ini akan berguna untuk mencegah terjadinya infeksi dan iritasi kulit.

Apabila darah tidak terserap dengan baik, maka kelembapan di area pribadi akan meningkat. Kemudian, hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada dirimu dan bahkan akan berisiko membuat kulit teriritasi.

2. Ukuran yang Sesuai

Agar terhindar dari kebocoran atau perembesan, kamu perlu untuk memilih produk pembalut dengan ukuran yang sesuai. Pembalut yang aman akan dapat melindungimu dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebocoran. Pilihlah pembalut dengan ukuran yang sesuai dengan volume haid pada hari tertentu.

Kamu dapat menggunakan pembalut dengan ukuran yang lebih panjang dan besar saat siklus haid hari pertama sampai dengan hari keempat. Kemudian, apabila volume darah sudah mulai berkurang, kamu dapat menggunakan pembalut dengan ukuran yang lebih kecil agar membuatmu nyaman beraktivitas.

3. Bahan yang Aman

Ketika akan memilih produk pembalut yang aman, kamu perlu memastikan terlebih dahulu bahan atau komposisi dasar dari produk tersebut. Produk pembalut yang baik adalah produk yang bisa membuat kulitmu bernapas dengan baik, sehingga membuatmu merasa nyaman untuk terus melanjutkan aktivitas.

Pada umumnya, pembalut yang baik terbuat dari serat bambu, kapas, ataupun serat jagung yang sudah diproses dengan sangat baik. Selain membuatmu nyaman, bahan-bahan tersebut juga dinilai lebih ramah lingkungan karena cepat terurai.

4. Produk Pembalut Organik

Beberapa merek yang melabeli produk pembalutnya merupakan produk organik dapat kamu pertimbangkan untuk dijadikan pilihan ketika hendak membeli pembalut yang aman. Pembalut organik dinilai lebih aman untuk tubuh dan membuat penggunanya nyaman, karena bahan dasarnya yang natural atau organik.

Kamu dapat memperoleh produk pembalut ini di berbagai toko atau supermarket yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Apabila kamu mengalami kesulitan untuk menemukan satu pembalut organik yang cocok dan aman buatmu, kamu dapat membeli produk organik tersebut melalui marketplace atau toko online lainnya.

5. Pembalut yang Fragrance Free

Pewangi biasanya menjadi salah satu penyebab iritasi kulit terbesar. Bagi beberapa pemilik kulit sensitif, pewangi (fragrance) dapat menjadi musuh terbesar ketika memilih suatu produk yang berkaitan langsung dengan kulit, seperti produk skincare, makeup, hingga produk-produk pembalut.

Oleh karena itu, disarankan bagi wanita untuk memilih produk pembalut yang tidak mengandung bahan pewangi. Hal ini bertujuan untuk menekan risiko terjadinya iritasi pada kulit pada saat siklus haid.

Lima tips tersebut dapat kamu terapkan ketika akan memilih produk pembalut yang aman, nyaman, dan berkualitas untuk kamu. Lakukan riset sebanyak mungkin agar pengetahuan atau informasimu mengenai pembalut yang nyaman dan aman semakin bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.